Panduan Beli Rumah Sebelum Launching

Ada banyak cara yang bisa dilakukan konsumen untuk memperoleh rumah murah. Salah satunya dengan membeli rumah sebelum dipasarkan (pre-launching). Andy Nugroho, CFP Perencana Keuangan Mitra Rencana Edukasi, menuturkan biasanya pengembang memasarkan rumah dalam beberapa tahap, yakni sebelum peluncuran (launching), saat pembangunan, hingga rumah siap huni. Ketiga tahap ini memiliki perbedaan harga yang cukup signifikan.

Biasanya, kenaikan harga bisa mencapai 10—15% dari sebelum diluncurkan hingga sudah berupa bangunan fisik. “Umumnya pengembang ingin memberikan citra bahwa produk properti mereka sangat baik, sehingga mereka terus menaikkan harga jualnya,” ujar Andy menerangkan. Namun, Anda harus waspada saat membeli rumah pre-launching. Pasalnya, bangunan rumah sebelum dipasarkan biasanya belum didirikan. Masa pembangunan rumah tipe ini pun terkadang memakan waktu relatif lama. Bahkan, serah terima seringkali molor dari waktu yang telah dijanjikan.

Setiap pengembang akan menggembargemborkan keunggulan dari produk properti mereka, entah fasilitas atau kemudahan proses transaksi. Saat calon pembeli sudah tertarik untuk membeli rumah tersebut, maka pihak pemasaran akan meminta mereka menandatangani draft surat pesan pengikat yang berisi klausul akad jualbeli pengikat.

Kemudian, mereka diminta untuk menyetorkan uang muka yang telah disepakati. Biasanya, bila konsumen tidak menandatangani Surat Perjanjian Pengikatan Jual-Beli (PPJB) sesuai jadwal, maka uang muka akan hangus. Andy menyarankan sebelum menandatangani surat pemesanan ini sebaiknya calon pembeli meminta pihak pengembang untuk mencantumkan janji-janji terkait proyek tersebut secara tertulis.

Seperti harga jual, biaya-biaya lain yang harus dikeluarkan, tanggal serah terima, denda bila pengembang telat dalam membangun, dan spesifikasi bangunan dan lokasi. Selain agar lebih waspada, surat ini akan menjadi bukti kuat dalam mengajukan gugatan ketika pengembang melakukan aksi nakalnya.

Perencanaan membeli rumah memang harus dilakukan secara teliti dan cermat agar tidak terkena resiko dikemudian hari. Namun pembangunan rumah juga butuh adanya genset sebagai sumber listrik alternatif. Untuk mendapatkan genset dengan harga murah bisa membelinya di distributor resmi genset open 100 kva di Jogja. Salah satu distributor resmi genset open di Jogja adalah PT. Rajawali Indo yang memberikan harga diskon disetiap pembelian unit baru.