Antisipasi Bila Pengembang Ingkar Janji

Membeli rumah pada saat sebelum diluncurkan ternyata lebih menguntungkan. Seperti masalah harga yang jauh lebih murah, terdapat banyak bonus alat elektronik, mudahnya uang muka, atau pembayaran jauh lebih lunak. Akan tetapi, ada resiko dibalik semua keuntungan itu. Berikut ini tindakan yang harus dilakukan jika pengembang mengingkari janji.

Bila Anda sudah telanjur menandatangani PPJB (Perjanjian Pengikatan Jual-Beli) dan pengembang ingkar dalam memenuhi janji pembangunan, maka langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memeriksa dengan cermat isi ketentuanketentuan yang tercantum dalam PPJB tersebut. Umumnya, dalam PPJB akan dicantumkan konsekuensi apabila pengembang tidak melaksanakan pembangunan pada waktu yang telah ditentukan, misalnya denda keterlambatan.

Yulius Setiarto, dari biro Setiarto & Partners Law Firm, mengatakan bila pengembang melakukan wanprestasi (ingkar janji dalam pembangunan), maka secara undang-undang Anda berhak meminta dilaksanakannya pembangunan rumah yang telah dipesan sebelumnya atau dilakukan pemutusan perjanjian dengan meminta ganti rugi. Besarnya uang pergantian ganti rugi biasanya disesuaikan dengan isi perjanjian yang tercantum dalam PPJB. Sementara itu, bila jumlah ganti rugi tak diatur dalam PPJB maka Anda berhak meminta kepada pihak pengembang bunga moratoir sebesar 6% dalam setahun.

4 Tip Sebelum Membeli Rumah Pre-Launching

Alih-alih untung, beli rumah sebelum dipasarkan malah berujung “buntung”. Andy Nugroho memberikan tip agar Anda terhindar dari risiko yang tidak diinginkan saat membeli rumah saat pre-launching.

Telusuri riwayat kerja

(track record) pengembangnya. Anda dapat menilai pengembang dari proyek-proyek yang telah dibangunnya.

Pastikan prospek lokasi rumah

yang akan Anda beli dengan mengetahui rencana pembangunan properti atau infrastruktur di kawasan tersebut.

Survei lokasi rumah

Tanyakan kepada penduduk setempat mengenai kondisi lingkungan di kawasan tersebut, apakah termasuk kawasan macet, banjir, atau lainnya.

Pastikan dengan teliti

dokumen-dokumen perjanjian akad jual-beli yang diberikan pengembang. Simpan dengan rapi agar ketika terjadi masalah dapat digunakan.

Setelah rumah jadi tentunya dibutuhkan sebuah instalasi sebuah genset sebagai sumber listrik cadangan. untuk mendapatkan harga genset yang murah bisa membelinya di toko suplier resmi genset 500 kva di Jakarta. salah satu suplier genset resmi di Jakarta adalah PT. Rajawali Indo yang memberikan harga diskon.